Jumat, 08 November 2013

KELILING INDONESIA bersama Sail Komodo 2013

MENIKMATI KEINDAHAN INDONESIA

emm,,
hal yang paling menarik di hidup saya adalah jalan jalan...
mungkin hampir di dunia ini  hanya segelintir orang2 yang menolak diajak berjalan jalan ria hanya karena menempatkan alasan jalan jalan itu mahal diurutan pertama...
ohhh tidak, jalan jalan itu murah, coba deh kalian keluar pintu rumah, berjalan keluar melewati rumah tetangga dan menyapanya sampai ujung jalan atau ujung gang,,itu kan sudah disebut jalan jalan.
hehhehehe..

jreng jreng jreng,,,
jalan jalan versi saya itu adalah hal yang dikerjakan bersama sama, dan hemat!
hehehe..

di pertengahan tahun ini, 2013, saya dipercaya mengikuti kegiatan dari KEMENPORA,, kegiatan tahunan, saya mewakili Provini JATIM untuk gabung bersama teman teman se-INDONESIA RAYA dalam kegiatan Sail Komodo 2013,,,Luar biasa, Luar biasa.,,dan luar biasaaaaaaa..!!!!
Indonesia itu kaya, di benak saya terlintas,,"bagaimanakah cara kita para generasi muda untuk mengolahnya, atau menjaganya???"..emmm,,,,pantas saja klo bangsa kita ini sering kali dijajah. (PR kita!)
so,,apa kegiatanku selama jalan jalan di "SAIL KOMODO 2013"

first,
yang jelas jalan jalan geratis itu tidak mudah juga kali yah,,, saya harus mengikuti serangkaian test. Test admistrasi, alhmdulilah saya lulus, setelah itu test kedua disurabaya test fisik dan non fisik, hari pertama saya test tulis <macem macem subjeknya, kayak tahu campur : matematika, bhsa indo dan inggris, psikotest, pengetahuan umum, dan sejarah> ters test wawancara : seni dan budaya dan hari kedua test fisik lari dan renaang!

secound,
alhmdulilah, saya lolos,,makasih ya buk,,,<ibu: sumber inspirasi ter-inspiratif dalam hidup saya>
flight go to Djakarta!!! selamat pagi jakartaaaaa,,,,! orang kampung datang,,hehheheh
tibalah kontingen Jatim : saya (manusia paling imut ^-^) , natya (aseli suroboyo, dan dia paling cuuwantik, tentunya nomor dua setelah saya,,,hahahaha), mega (aseli madura, bukan mantan presiden RI, tapi mis galau @_@ ), galuh (aslee Nganjuk, aseli medok bgt klo ngomong,,,biyuh biyuh ada umat seperti dia,,hehhehe), teo (aslee Suroboyo. dan dia peserta paling unyu unyu,,baru lulus SMA). kemudian setelah personil lengkap kita berangkat ke tempat berkumpul di LANTAMAL Tanjung Priok,,waktu tiba disana, biyuh biyuh,,Subhanallah.. kapal yang akan kita naikin,,,,,,gweeedeeee bgt, klo mbk mega yng ngoomong sih..."mak ra'jjeh bing,," yaelah maduranya kebawa kejakarta, kita keliling indonesia pake KRI MAKASAR 590,, wuhh,,,!!!

Selanjutnya,,
naik kapal, ketemu teman teman se-Indonesia., kenalan (saya paling susah ngapalin namanya orang, kecuali yang aneh aneh tuh ,,,kayak teman saya namanya pace dari Papua jelas bgt saya selalu ingat, lah wong di jawa pace itu nama tanaman obat,,hehehheeh peace pace !!! selebihnya ya saya senyum senyum  ajah kalo ketemu,,,yah sok sok akrab lah,,,hehehhe), setelah berkenalan, banyak kegiatan yang lainnya,,dinamika kelompok, materi dari pak mentri, materi dari bu mentri , materi dari pemateri yng kalo boleh pinjam slogannya syahrini, pematerinya cetar membahandong,,,alhmdulilah alhamdulialaaah,,,
nikmat sekali ketika keluar dari zona nyaman, berusaha lebih keras dan inilah hadiah untuk saya..
heheheh,  ada juga kegiatan kunjungan ke kantor gubernur,,,wuiihh,, kita naik mobil pariwisata,,terus dikawal kemana mana,,uwing uwing uwing (baca: bunyi sirine),,keren! duh,,,,kayak tamu penting ajah, padahal saya juga makhluk biasa di kampung,,hehehe
biar kalian g penasaran,,,sikmah deh..


LAPORAN KEGIATAN KPN / LNRPB dalam SAIL KOMODO 2013
A. Embarkasi dan Pemberangkatan
1.      Embarkasi pada tanggal 27 Agustus 2013
2.      Pemberangkatan pada tanggal 28 Agustus  28 Agustus
No.
LOKASI
WAKTU
KET.
1
JAKARTA
27-28 AGT
PEMBEKALAN
2
JAKARTA
28 AGT
UPACARA PELEPASAN
3
JAKARTA-DENPASAR, BALI
28-31 AGT
LAYAR
4
DENPASAR, BALI
31 AGT-3 SEP
SINGGAH
5
DENPASAR-LABUHAN BAJO
3-4 SEP
LAYAR
5
LABUHAN BAJO, NUSA TENGGARA TIMUR
4-5 SEP
SINGGAH
6
LABUHAN BAJO- KUPANG
5-6 SEP
LAYAR
7
KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR
6-10 SEP
HOME STAY
8
KUPANG, PULAU KOMODO
10-11 SEP
LAYAR
9
PULAU KOMODO
11-12 SEP
SINGGAH
10
KOMODO-LABUHAN BAJO
12-12SEP
LAYAR
11
LABUHAN BAJO
12-15 SEP
UPACARA PUNCAK
12
LABUHAN BAJO-JAKARTA
15-19 SEP
LAYAR
13
JAKARTA
19 SEP
UPACARA PENYABUTAN DAN KEPULANGAN PESERTA


B.   Perekrutan Peserta
Peserta KPN dalam Sail Komodo 2013 merupakan perwakilan dari tiap-tiap propinsi di Indonesia yang diseleksi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga propinsi masing-masing.Kegiatan LNRPB/KPN dalam Sail Komodo tahun 2013 berjumlah 300 orang yang terdiri dari:

  1. Pelajar, Mahasiswa, Organisasi Kepemudaa, Pramuka, Pondok Pesantren dan Karang Taruna tingkat provinsi/ pusat/ pusat/Kabupaten/Kota
  2. Pemuda perwakilan dan kementrian/ lembaga tingkat pusat
  3. Pemuda perwakilan Negara negara ASEAN plus yaitu Vietnam dan Philipina
Kementrian/ Lembaga Pengirim Peserta yang berpartisipasi dama LNRPB/KPN Sai Komodo tahun 2013 adalah sebagai berikut:

No.
Kementrian/Lembaga
Jumlah peserta
1
Kementrian pemuda dan olahraga
204
2
Kemdikbut(direktorat jendral pendidikan tinggi/ universitas Indonesia)
16
3
Kementrian Agama (Direktorat Jendral Pendidikan Islam)
5
4
BKKBN
32
5
ASEAN Plus (Vietnam + Philipina)
4
6
Tim Drumband BP2IP
20
7
Kementrian Perhubungan
4
8
Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat
10
9
TNI AL
8
Jumlah
303

C.   Pembekalan 
Kegiatan pembekalan sebagai kegiatan awal peserta dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Agustus 2013 di KRI Makasar 590 yang sedang singgah/sandar di Jakarta International Container Terminal II ( JICT II ), Tanjing Priok, Jakarta.
Materi Pembekalan :

  1. Materi tentang Potensi Kelautan, Pemberdayaan Pertahanan Laut, Kewirausahaan Pemuda, ESQ, Smart Generation, Public Speaking, Nasionalisme Pemuda Dan Dinamika Kelompok.
  2. Penjelasan Kegiatandan Pembagian Kelompok
  3. Latihan acara Pembukaan dan pelepasan peserta KPN/LNRPB dalam Sail Komodo 2013
  4. Tata tertib peserta selama kegiatan
D. Kegiatan Selama di Kapal
Kegiatan harian selama mengikuti KPN/LNRPB dalam Sail Komodo 2013 secara umum adalah sebagai berikut :

04.30 - 05.30               Bangun Pagi / Sholat / Pembinaan Mental Spiritual (Tausiyah)
05.30 – 06.00              Olahraga Pagi
06.00 – 07.00              Bersih Diri ( Merapihkan kamar, Mandi, dll )
07.00 – 08.00              Makan Pagi
08.00 – 09.00              Apel Pagi
09.00 – 10.00              Kegiatan ( Materi / Diskusi )
10.00 – 10.30              Coffe Break
10.30 – 12.00              Kegiatan ( Materi / Diskusi )
12.00 – 13.30              Ishoma ( Istirahat, Sholat dan Makan )
13.30 – 15.30              Kegiatan ( Workshop / Materi / Games )
15.30 – 16.00              Istirahat / Sholat
16.00 – 17.30              Kegiatan ( Olahraga / Games / pengembangan diri )
17.30 – 19.30              Ishoma ( Istirahat, Sholat dan Makan Malam )
19.30 – 21.00              Kegiatan ( Materi / Pentas Seni Budaya / Pentas Kreasi Bakat )
21.00 – 22.00              Evaluasi / Apel Malam
22.00 – 04.30              Istirahat Malam ( Tidur )
    
E. KEGIATAN DI KAPAL lainnya ..

  1. Penyampaian Materi :Penyampaian materi berbentuk ceramah/seminar dalam rangka peningkatan wawasan dan         pembentukan  karakter pemuda oleh para pemateri handal ( motivator nasional ) atau pejabat kementrian/lembaga dan para pakar/praktisi.
  2. Diskusi : Diskusi dilaksanakan pada waktu-waktu kegiatan dengan materi diskusi yang disepakati antara pembina dan pendamping.Pemakalah diambilkan dari presentasi perwakilan peserta.
  3. Workshop : Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan penguasaan teknis dalam beberapa ketrampilan praktis yang terkait dengan kebaharian.
  4. Pagelaran Seni Budaya / Bakat : Peserta yang berasal dari berbagai provinsi dan memiliki cara hidup, tradisi dan budaya tradisional yang berbeda, memperkenalkan budaya dan kemampuan yang dimiliki melalui kegiatan pagelaran seni musik, tari, puisi, pantun maupun dalam bentuk drama.
  5. Kegiatan Kelompok : Dalam orientasi peserta dibagi dalam kelompok-kelompok.Nama kelompok diambil dari nama-nama pulau yang ada di wilayah Indonesia.Dalam kapal secara bergiliran akan memimpin kegiatan.Adapun bentuk kegiatan harus didiskusikan bersama dengan anggota kelompok lainnya.
  6. Kegiatan-kegiatan lainnya yang disetujui oleh panitia pelaksana seperti malam perpisahan dan lain-lain

F. Kegiatan Homestay
  1. Homestay dilaksanakan di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur 
  2. Kegiatan homestay diisi dengan kegiatan kemasyarkatan berupa bakti sosial, pemeriksaan kesehatan, seni budaya dan olahraga

G.  Kunjungan
  1. Kantor Gubernur Provinsi Bali
  2. Monumen Bajra Sandi
  3. Batu Gajah, Gianyar
  4. Pasar Seni, Sukawati, Denpasar
  5. Pura/Istana Tampak Siring
  6. Kantor Gubernur Kota Kupang
  7. Balai Kota Kupang
  8. Pantai Lasiana, Kupang
  9. Museum NTT dan Taman Budaya
  10. Gong Perdamaian, Kota Kupang
  11. Komodo National Park World Heritage Site
  12. Penanaman Pohon Bakau dan Wisata Laut, Pantai  Labuhan Bajo
Labuhan Bajo

Kantor Walikota Kupang-NTT

Manutapen, Air Nona, Bakunase

Nenun yuk..

Komodooooooooo!!!!!

sunrise or sunset???

Arek Jawa Timur

Dimana yah???


nahhh,,,
ituw dia perjalanan hemat bersama sama yang sudah saya lakukan di penghujung tahun ini,,
maukah kalian mencobanya???
silahkan saja,,,karena ini adalah kegiatan tahunan, untuk mendapatkan info pendaftaranya,di awal tahun persiapkan diri kalian dan rajin rajinlah menyambangai webnya dispora http://dispora.jatimprov.go.id/ disana sudah ada info yang lengkap untuk kegiatan ini,, 
sampai jumpa di SAIL RAJA AMPAT 2014 !


Bhumcaya Jalesu Jayamahe !!!
di darat dan di laut kita jaya











Tidak ada komentar: